Inspirational Stories
Suami Pendiam vs Istri Cerewet - Mengelola Perbedaan dalam Keluarga
28 July 2016
jpeg new-7

Keluarga Indonesia
, minggu lalu kita sudah membahas tentang kalau orangtua bekerja siapa yang menjaga buah hati kita. Ketika bicara tentang orangtua maka topiknya menjadi lekat dengan figur “Ayah & Ibu” atau “Suami & Istri”, maka topik hari ini kita membahas tentang keunikan suami & istri di dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa suami saya pendiam dan istri saya cerewet adalah topik yang sering kita dengar atau kita alami, hari ini kita lebih mau mendalami dari sudut pandang perbedaan pria dan wanita dan tipe perilakunya. Mengenali perbedaan tipe perilaku dapat dipelajari melalui buku-buku yang membahas tentang perbedaan tipe perilaku seperti buku “Meningkatkan Kecerdasan Perilaku” yang dapat dimiliki dengan cara klik discoveryconsultant.co.id.

Mengapa wanita cenderung banyak bicara dan pria lebih pendiam ?
Banyak penelitian (salah satunya John Gray) mengungkapkan bahwa wanita membutuhkan mengucapkan kata-kata 3 kali lipat dari seorang pria, hal inilah yang mengakibatkan kecenderungan wanita atau istri lebih cerewet dari seorang pria.
 
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, Amerika Serikat mengungkap fakta yang unik tentang wanita. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa wanita berbicara 3 kali lipat daripada laki-laki.
 
"Science explains why women talk more than men", The Dubai Chronicle 2/22/2013: Previous research by Louann Brizendine at the University of California found that women speak an average of 20,000 words daily compared to only 7,000 words for men. This means that on average, women talk nearly three times as much as men.Feb 22, 2013

 
Belum lagi kalau kita tambah dengan pengetahuan tentang tipe perilaku, yangmana setiap tipe perilaku dapat mengakibatkan kecenderungan menjadi lebih cerewet atau tidak.
 
4 tipe perilaku yang berhubungan dengan keinginan bicara (cerewet) ?
Ada 4 tipe dasar perilaku manusia berdasarkan penelitian Dr. William M. Marston yang berhubungan dengan kata-kata yang diucapkan:
  1. Tipe Dominan adalah individu yang suka mengatur sesuai keinginannya dan memimpin orang lain, sehingga bagi orang lain individu ini terkesan “cerewet” ketika orang lain tidak menjalankan sesuatu tidak sesuai dengan keinginannya, suka memaksakan kehendaknya, ketika kesal dan marah maka kata-kata yang diucapkan selain agak sarkastik.
  2. Tipe Intim adalah individu yang suka bicara, bergaul, ekspresif dan humoris, maka bagi orang lain terkadang individu ini bicara suka seenaknya saja, tidak dipikirkan terlebih dahulu. Kalau marah, kesal maka dengan mudah diekspresikan dengan kata-kata yang banyak.
  3. Tipe Stabil adalah individu yang ramah dan simpatik, suka menyenangkan orang lain, jumlah kata yang diucapkannya biasanya tergantung seberapa nyaman dirinya berada di lingkungan tersebut, biasanya juga karena ingin mengimbangi orang yang sedang diajak bicaranya.
  4. Tipe Cermat adalah individu yang suka keteraturan, perfeksionis. Jadi ketika harapannya, standardnya tidak terpenuhi, tiba-tiba individun ini berubah dari seorang yang pendiam suka mengobservasi menjadi orang yang selalu mengucapkan aturan dan menyampaikan aturannya hingga selesai dilaksanakan.
 
Bagaimana mengenali tipe Perilaku – 4 tipe dasar manusia ?
Pengenalan dapat dilakukan dengan cara observasi atas tingkah laku, ekspresi muka, cara berespon di suatu lingkungan. Semakin ahli dan kompeten seseorang mengenali tipe [erilaku manusia maka akan semakin cepat kita mengenali tipe perilaku orang lain.
Melewati sebuah proses asesmen hanya sekitar 7 menit maka kita sudah dapat memiliki profil tipe perilaku dan kecenderungannya bersepon atas suatu lingkungan.
Untuk mempelajari asesmen ini dapat diikuti Lokakarya Internasional “Certified Master DISC Analyst dari The Intitute for Motivational Living, USA yang sudah lebih dari 30 tahun mempelajari tentang tipe perilaku manusia, info lebih lanjut silahkan klik discoveryconsultant.co.id atau telpon 021 45853535.

Mengapa wanita lebih cerewet ?
Wanita memiliki kecenderungan menyampaikan apa yang dipikirkan dan dirasakan kepada pasangannya lewat kata-kata. Wanita lebih senang untuk didengarkan dari pada dipotong pembicarannya dan diberi jalan keluar. Ketika wanita bicara itu bukan berarti minta dikasih saran atau jalan keluar.

Mengapa Pria lebih memilih diam ?
Pria lebih senang memikirkan secara logis dan praktis atas topik yang disampaikan lawan bicaranya, Pria hanya bicara untuk memberikan solusi atau jalan keluar, sehingga pria terkesan lebih pendiam.
 
Apa tips kita bagi Pria atau Suami ?Dapat kita simpulkan dari pembicaraan kita tentang mengapa wanita lebih cerewet, maka pria dapat menyikapinya dengan:
  • Mengerti terlebih dahulu bahwa setiap insan adalah UNIK dan SPESIAL, berbeda secara tipe perilaku.
  • Pahami bahwa Wanita memiliki struktur otak, protein, hormon dalam otak yang berbeda, jadi ada kecenderungan fisiologis untuk wanita lebih banyak bicara.
  • Terapkan prinsip 3 M: Mengenali, Menerima, Menyesuaikan. Yang mana kedua belah pihak harus terus belajar saling menyesuaikan supaya kualitas hubungan menjadi lebih harmonis walaupun dalam dua insan yang berbeda.
 

Tips of the Day
 “Walaupun wanita itu unik dan sulit dimengerti, tetapi ketahuilah bahwa wanita adalah pasangan yang sepadan bagi seorang pria”
 (Family DISCovery)