Inspirational Stories
Mengalahkan RAKSASA dalam Kehidupan, Menang dari Rasa Takut
25 June 2014
insp5
Ketakutan merupakan suatu emosi yang timbul karena pemikiran (belief) yang dimiliki seseorang tentang suatu hal dan pemikiran tersebut belum tentu tepat. Misalnya: seseorang merasa takut karena ia berpikir bahwa akan terjadi suatu bencana yang akan menimpa dirinya atau seseorang merasa takut ketika ia berpikir bahwa orang di sekitarnya merupakan sesuatu yang mengancam, padahal hal tersebut belum tentu akan terjadi.
 
Rasa takut sebenarnya merupakan emosi yang wajar dialami oleh setiap manusia yang seringkali akan muncul ketika kita menghadapi suatu kondisi baru ataupun menghadapi obyek dan orang yang mengancam buat kita. Emosi ini tidak dapat kita hindari, namun perlu dikelola sehingga tidak menimbulkan dampak psikologis yang berkelanjutan, seperti phobia, paranoid atau depresi, dsb.
 
Kita harus sadari bahwa problem adalah bagian dari kehidupan yang tidak bisa kita hindari tetapi kita harus hadapi dan mengelolanya. Bagaimana kita mengatasi masalah dalam kehidupan kita? Bagaimana kita menyelesaikannya? Kita perlu mempelajari dan mengenali terlebih dahulu hal-hal yang sering menjadi hambatan atau tantangan dalam kehidupan kita, kita harus mengenali hala-hal yang menguasai kehidupan kita. Dengan kita mengetahuinya maka lebih mudah bagi kita untuk belajar mengalahkannya dan belajar untuk mengatasinya.
 
Macam-macam Ketakutan
Ketakutan tersebut sebenarnya dapat dikategorikan menjadi tiga macam yaitu:

1. Ketakutan yang SALAH.
  • Merupakan rasa takut yang tidak rasional atau tidak wajar dan berlebihan, bahkan secara psikologis dapat dikategorikan sebagai salah satu gangguan jiwa yang disebut sebagai phobia. Misalnya: takut kecoa, takut ayam, takut gelap, takut ketinggian, dsb. 
  • Orang-orang yang mengalami phobia biasanya akan merasa sangat cemas ketika berhadapan dengan situasi atau obyek yang menakutkan tersebut, bahkan mereka tidak mampu menemukan cara yang tepat untuk mengatasi ketakutan tersebut. 
 
2. Ketakutan yang NORMAL.
  • Merupakan rasa takut yang rasional dan wajar karena didasarkan pada alasan yang tepat. Biasanya hal ini timbul karena kita telah mempertimbangkan resiko yang akan terjadi ketika kita berhadapan dengan situasi atau obyek tersebut.
  • Rasa takut demikian justru sangat positif karena dapat menjadi peringatan (warning) yang membuat kita lebih waspada dan hati-hati dalam melakukan sesuatu. Misalnya: ketika kita melalui jalan yang rawan kecelakaan, terdapat suatu ketakutan atau kekhawatiran dalam diri kita dan hal ini membuat kita menjadi lebih hati-hati dalam menyetir. 
  • Rasa takut ini membuat kita menjadi lebih antisipatif dalam hidup dan akan menghindarkan diri kita dari konsekuensi negatif yang mungkin timbul.
 
3. Ketakutan yang BENAR.
  • Rasa takut yang benar adalah rasa takut kepada Tuhan. 
  • Rasa takut ini membuat kita cenderung berusaha melakukan perintahNya dan menjauhi laranganNya karena kita tidak ingin berdosa dan mengecewakan Tuhan.
  • Rasa takut demikian akan menghindarkan kita dari melakukan hal-hal yang sia-sia dalam hidup kita karena kita menjadi terfokus pada melakukan apa yang benar yang sesuai dengan perintah Tuhan.
 
TIPS UNTUK MENGATASI RASA TAKUT
  • Kembangkanlah rasa takut yang normal dalam diri Anda karena ini akan membuat Anda menjadi lebih antisipatif dalam bertindak sehingga Anda dapat terhindar dari akibat-akibat yang buruk. Belajarlah mengembangkan rasa takut  ini dengan membiasakan diri melakukan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity & Threat) terhadap suatu hal sebelum Anda mengambil keputusan. 
  • Yang terutama adalah kembangkan rasa takut akan Tuhan dengan taat menjalankan perintah agama kita maka hal ini akan meningkatkan Kecerdasan Spiritual kita.
  • Namun apabila Anda atau orang terdekat Anda masih memiliki ketakutan yang tidak rasional dan berlebihan (phobia atau paranoid), tampaknya Anda membutuhkan pertolongan ahli (konsultan, psikiater dan psikolog) untuk membantu Anda mengatasi hal tersebut sehingga Anda dapat berfungsi dengan lebih baik dalam tuntutan kehidupan sehari-hari.
Misalnya: jika Anda merupakan seorang yang takut ketinggian, sementara pekerjaan Anda menuntut Anda untuk sering bepergian menggunakan pesawat, maka tentunya Anda harus mengatasi ketakutan tersebut.
Pertolongan seperti ini dapat Anda temukan di Total Therapy Center (TTC) yang merupakan persembahan terbaru dari DISCovery consultant, dengan menggunakan metode terkini yaitu Behavior Therapy, Energy Psychology, Hypnotherapy dan Holistic Therapy. Di TTC, Anda dapat menemukan solusi atas masalah-masalah seperti stres, kecemasan berlebihan, bad addiction, rasa malas, takut gagal, ketakutan, depresi, obesitas, problem anak dan remaja, problem relationship, problem seks dan lain sebagainya.
 
Dapatkan informasi selengkapnya di www.discoveryconsultant.co.id atau hotline: 021-45853535.
 
 
wow frank

Leave a reply